Detail Laporan TA : RAMA ALFAREZA

RAMA ALFAREZA (2017) APLIKASI MANAGEMENT PENGADUAN DAN SARAN PELAYANAN MASYARAKAT INDRAMAYU PADA APLIKASI INDRAMAYU SMART CITY BERBASIS WEB Tugas Akhir, Teknik Informatika
Politeknik Negeri Indramayu.

[img] Text
LAPORAN BAB 1

( Download )
Abstrak

Smart City mengarah pada sebuah konsep bahwa sebuah kota yang pintar adalah kota yang dapat memahami keadaan emosi dan perilaku masyarakat terhadap kepuasan layanan publik. Peningkatan pelayanan publik adalah salah satu reformasi birokrasi peningkatan pelayanan masyarakat. Selama ini dapat dikatakan bahwa, kualitas pelayanan publik masih dalam kondisi memprihatinkan.Pengaduan di kota Indramayu masih dilakukan secara manual dan belum terdigitalisasi. Dari sisi lain banyak masyarakat yang ingin menyampaikan pengaduan dan saran terhadap Pemerintah Kabupaten Indramayu. Aplikasi ini dibuat dengan judul rancang bangun aplikasi berbasis mobile untuk peningkatan kualitas layanan dan pengaduan publik (Indramayu Smart City). Aplikasi Indramayu Smart City dirancang untuk memfasilitasi hal tersebut. Aplikasi ini dikembangkann dengan metode waterfall dimana proses awalnya mulai dari perencanaan, analisis, perancangan, implementasi, pemeliharaan dengan menggunakan bahasa pemrograman kotlin. Hasil pengujian menunjukan bahwa masyarakat Indramayu dapat dengan mudah menyampaikan pengaduan dan saran kepada Pemerintah Kabupaten Indramayu. Selain dari itu masyarakat dapat melihat tempat-tempat umum yang ada di Kabupaten Indramayu. Diharapkan pada aplikasi ini dapat memudahkan dalam pengaduan dan saran kepada Pemerintah Kabupaten Indramayu. Dengan adanya aplikasi tersebut maka sangat dibutuhkan wadah untuk dapat menampung dan mengelola data yang ada pada aplikasi tersebut.Aplikasi yang dihasilkan masih dapat dikembangkan lagi dari sisi interaksi pengguna menggunakan bahasa pemrograman Javascript adar tampilan website lebih interaktif dan responsif, serta dari sisi fitur dapat ditambahkan fitur balasan dari operator pengaduan agar website dapat digunakan dengan optimal. Kata kunci : masyarakat, pemerintah Kab. Indramayu, pengaduan, smart city

Tipe Dokumen :  Tugas Akhir
Prodi :  D3 Teknik Informatika
Mahasiswa :  RAMA ALFAREZA
Instansi :  Politeknik Negeri Indramayu
Pembimbing : A. Lubis Ghozali, S.Kom., M.Kom |  Adi Suheryadi, S.ST.,M.Kom 
Jurusan :  Teknik Informatika
Angkatan :  2017
Tanggal Penerbit :  22 Februari 2022 09:37
Url :  -
KEMBALI