Detail Laporan TA : PUTRI FAUZIAH RAHMAN
PUTRI FAUZIAH RAHMAN
(2018)
PENERAPAN METODE FUZZY SERVQUAL DALAM MENGUKUR KEPUASAN PETANI TERHADAP KUALITAS LAYANAN BALAI PENYULUHAN PERTANIAN KECAMA
Tugas Akhir, Teknik Informatika
Politeknik Negeri Indramayu.
Abstrak
Dalam upaya untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanan di BPP Kecamatan Gabuswetan dilakukan penelitian tentang tingkat kepuasan petani terhadap pelayanan di Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Gabuswetan, dibuatlah sebuah website untuk mengukur kepuasan petani terhadap kualitas layanan BPP Gabuswetan, untuk menjadi indikator dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan. Dalam hal ini, untuk mengukur kepuasan pelanggan digunakan metode Servqual (Service Quality). Metode Service Quality digunakan untuk menghitung kepuasan petani dengan membandingkan persepsi dan harapan petani. Website memiliki fitur utama mengukur kepuasan petani melalui pengisian kuisioner yang dilakukan oleh
petani. Penelitian ini menghasilkan hasil kepuasan petani dengan nilai GAP negatif yang menunjukan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh BPP Gabuswetan belum sesuai harapan petani dan perlu dilakukan perbaikan pelayanan. Berdasarkan pengujian kuisioner yang telah dilakukan pada penelitian ini, hasilnya yaitu 80,67%. Kata kunci: Fuzzy Servqual, Harapan, Kualitas Pelayanan, Penyuluhan Pertanian,
Persepsi.
Tipe Dokumen : |
Tugas Akhir |
Prodi : |
D3 Teknik Informatika |
Mahasiswa : |
PUTRI FAUZIAH RAHMAN |
Instansi : |
Politeknik Negeri Indramayu |
Pembimbing : |
Munengsih Sari Bunga, S.Kom., M.Eng | Muhamad Mustamiin, S.Pd.,M.Kom |
Jurusan : |
Teknik Informatika |
Angkatan : |
2018 |
Tanggal Penerbit : |
22 November 2021 09:16 |
Url : |
- |
KEMBALI