Detail Laporan TA : DILLA KUSUMA AYU FIRDAYANTI IMAN
DILLA KUSUMA AYU FIRDAYANTI IMAN
(2014)
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SARAN DAN PENGADUAN PADA RUMAH SAKIT BHAYANGKARA INDRAMAYU BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE SERVICE
Tugas Akhir, Teknik Informatika
Politeknik Negeri Indramayu.
Abstrak
Saran dan pengaduan merupakan elemen penting bagi rumah sakit untuk melihat seberapa besar keberhasilan atau kekurangan dari pelayanan yang telah diberikan. Kendala yang dihadapi oleh pihak rumah sakit yaitu komplain dari pasien berupa saran dan pengaduan yang masih menggunakan media kertas, sehingga dibutuhkan suatu sistem yang mendukung pihak rumah sakit dalam menampung saran dan pengaduan tersebut. Sistem Pendukung Keputusan Saran dan Pengaduan pada Rumah Sakit Bhayangkara Indramayu Berbasis Web menggunakan Metode Service Quality (SERVQUAL) ini dibuat untuk membantu pihak rumah sakit dalam menanggapi saran dan pengaduan tentang pelayanan rumah sakit. Selain itu, sistem ini juga bertujuan untuk melakukan pengukuran terhadap kualitas pelayanan rumah sakit. Dalam pengukurannya, penulis menggunakan Metode Service Quality (SERVQUAL) dimana hasil pengukuran kualitas pelayanan adalah nilai gap 5 servqual. Nilai gap 5 servqual adalah nilai kesenjangan yang didapat dari perbedaan penilaian kualitas pelayanan yang diharapkan dengan kualitas pelayanan yang dirasakan oleh pasien. Hasil akhir ditentukan berdasarkan atribut yang memiliki nilai gap 5 cukup besar yang dijadikan prioritas untuk diperbaiki atau ditingkatkan pelayanannya dibandingkan dengan atribut yang memiliki nilai gap 5 lebih kecil.
Kata Kunci : Saran dan Pengaduan, SPK, Web, Kualitas Pelayanan Jasa, Service Quality, Nilai Gap 5 Servqual
Tipe Dokumen : |
Tugas Akhir |
Prodi : |
D3 Teknik Informatika |
Mahasiswa : |
DILLA KUSUMA AYU FIRDAYANTI IMAN |
Instansi : |
Politeknik Negeri Indramayu |
Pembimbing : |
Willy Permana Putra, S.T., M.Eng | Darsih, S.Kom., M.Kom |
Jurusan : |
Teknik Informatika |
Angkatan : |
2014 |
Tanggal Penerbit : |
14 November 2020 11:52 |
Url : |
- |
KEMBALI