Detail Laporan TA : DEWI JAYANTI
DEWI JAYANTI
(2016)
RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN PRAMUKA UNTUK SMA/SMK/MA BERBASIS MOBILE
Tugas Akhir, Teknik Informatika
Politeknik Negeri Indramayu.
Abstrak
Ekstrakurikuler pramuka adalah kegiatan tambahan yang dilakukan diluar jam sekolah. Dalam proses pembelajaran pramuka biasanya siswa melihat dan belajar dari buku-buku panduan yang menjadi materi dalam pramuka yang dijual dtokotoko. Kurang efektifnya proses pembelajaran menggunkan buku-buku tersebut pada masa sekarang ini dimana siswa-siswa cenderung tidak bisa lepas dari gadget serta mahalnya harga buku materi-materi pramuka tersebut jika dibandingkan dengan buku-buku pelajaran lainnya. Oleh karena itu penulis membuat penelitian tentang pembuatan rancang bangun aplikasi pembelajaran pramuka untuk SMA/SMK/MA berbasis mobile yang berguna sebagai media pembelajaran pramuka. Metodologi yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah waterfall. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah java dengan pengimplementasian dalam pembuatan aplikasinya menggunakan teks, gambar dan video, sehingga memungkinkan siswa dapat belajar mandiri serta melihat dengan jelas dan mengetahui bagaimana cara mempraktekkannya. Selain itu, setelah belajar siswa dapat menjawab soal-soal yang ada untuk mengasah kemampuan. Aplikasi ini mengunakan MYSQL sebagai media penyimpanan datanya. Serta menggunakan aplikasi sublime, android studio, corel draw, adobe photoshop, adobe audition, dan adobe premiere pro dalam pembuatannya. Hasil aplikasi ini adalah materi-materi dari SKU, teknik kepramukaan, P3K, PBB, Sandi dan Soal.
Kata kunci: pembelajaran, ekstrakurikuler pramuka, mobile.
Tipe Dokumen : |
Tugas Akhir |
Prodi : |
D3 Teknik Informatika |
Mahasiswa : |
DEWI JAYANTI |
Instansi : |
Politeknik Negeri Indramayu |
Pembimbing : |
Eka Ismantohadi, S.Kom., M.Eng | Fachrul Pralienka Bani Muhamad, S.ST., M.Kom |
Jurusan : |
Teknik Informatika |
Angkatan : |
2016 |
Tanggal Penerbit : |
09 November 2020 11:21 |
Url : |
- |
KEMBALI