Detail Laporan TA : FUJI WATI

FUJI WATI (2015) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA SISTEM PERPUSTAKAAN BERBASIS ANDROID Tugas Akhir, Teknik Informatika
Politeknik Negeri Indramayu.

[img] Text
LAPORAN BAB 1

( Download )
Abstrak

Perpustakan merupakan sarana yang penting bagi semua lapisan masyarakat terutama pada dunia pendidikan dalam meningkatkan ilmu pengetahuan. Namun dengan kecepatan perkembangan teknologi informasi saat ini membuat perpustakaan menjadi sepi pengunjung karena tergeser oleh kemudahan sumber informasi online yang ada dan sulitnya mencari buku dari satu rak ke rak lainnya menambah alasan mengapa masyarakat kurang berminat mengunjungi perpustakaan. Hal tersebut membuat perpustakaan dituntut untuk terus memberikan pelayanan yang baik dan berinovasi serta beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi, salah satunya adalah dengan mengimplementasikan teknologi Augmented Reality (AR) pada aplikasi mobile pencarian buku di perpustakaan. AR merupakan teknologi untuk menampilkan objek virtual dalam dunia nyata yang pengguna hanya mengarahkan smartphone ke suatu objek, lalu akan muncul informasi yang dapat berupa teks, gambar, video dan suara. AR menjadi sangat dibutuhkan karena dapat merepresentasikan informasi dengan baik. Informasi buku yang ditampilkan melalui AR didapatkan dari sistem perpustakaan yang sudah ada seperti Senayan Library Management System (SliMS). SLiMS adalah sebuah software manajemen sistem otomasi perpustakaan yang umum digunakan di Indonesia. Dengan data yang ada pada SLiMS kemudian diintegrasikan dengan marker yang ada pada setiap buku untuk menampilkan objek informasi sesuai buku yang di cari. Hasil pengujian yang dilakukan dengan metode blackbox dapat disimpulkan bahwa aplikasi pencarian buku menggunakan AR dapat membantu perpustakaan dalam meningkatkan pelayanan sebagai solusi bagi permasalahan kesulitan pencarian buku dari sekian banyak koleksi buku yang tersedia di perpustakaan. Sehingga setiap pencari buku tidak perlu membaca semua judul buku dari rak ke rak lainnya. Kata Kunci: Android, Augmented Reality, Perpustakaan, SLiMS.

Tipe Dokumen :  Tugas Akhir
Prodi :  D3 Teknik Informatika
Mahasiswa :  FUJI WATI
Instansi :  Politeknik Negeri Indramayu
Pembimbing : Munengsih Sari Bunga, S.Kom., M.Eng |  Iryanto, S.Si., M.Si 
Jurusan :  Teknik Informatika
Angkatan :  2015
Tanggal Penerbit :  28 Desember 2020 10:09
Url :  -
KEMBALI