Detail Laporan TA : Anjas Riadi

Anjas Riadi (2015) PENGEMBANGAN GAME APPLICATION FOR AUTISM THERAPY (GAPY) SLB-C GANDASARI BERBASIS ANDROID Tugas Akhir, Teknik Informatika
Politeknik Negeri Indramayu.

[img] Text
LAPORAN BAB 1

( Download )
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi game Android interaktif sebagai terapi untuk penyandang autism dengan menerapkan metode ABA. Metode ABA merupakan suatu metode yang banyak digunakan dalam pembelajaran dan terapi bagi penyandang autism untuk memberikan rangsangan perkembangan sensorik, motorik, sikap dan perilaku sehingga komunikasi, interaksi sosial, sikap, perilaku dan emosional dapat berkembang. Peneliti hendak mengembangkan aplikasi game terapi bagi penyandang Autism di SLB-C Gandasari dengan metode ABA sebagai media terapi alternatif yang dapat diterapkan pada penyandang Autism. Tujuan metode ABA adalah memberikan penguatan yang positif setiap kali penyandang autism merespon dengan benar dan sesuai dengan instruksi yang diberikan. Dengan metodelogi Multimedia Development Life Cycle. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang disebarkan langsung ke guru, wali murid, dan penyandang autism sebanyak 25 kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat membantu pendamping autism dalam pemberian terapi dan pembelajaran bagi penyandang Autism hingga mudah dioperasikan oleh terapis, pendamping dan penyandang Autism itu sendiri. Kata kunci: ABA, Aplikasi, Autism, Game, Terapi.

Tipe Dokumen :  Tugas Akhir
Prodi :  D3 Teknik Informatika
Mahasiswa :  Anjas Riadi
Instansi :  Politeknik Negeri Indramayu
Pembimbing : Eka Ismantohadi, S.Kom., M.Eng |  Fachrul Pralienka Bani Muhamad, S.ST., M.Kom 
Jurusan :  Teknik Informatika
Angkatan :  2015
Tanggal Penerbit :  23 Desember 2020 11:47
Url :  -
KEMBALI