Detail Laporan TA : Dodik Wahyu Gunawan
Dodik Wahyu Gunawan
(2021)
MEDIA CARD BOOK DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR
Tugas Akhir, Teknik Informatika
Politeknik Negeri Indramayu.
Abstrak
Penggunaan teknologi di masa sekarang seakan tidak lagi memiliki parameter
penggunanya. Dampaknya, anak-anak yang seharusnya berada dalam tahap
eksplorasi menjadi terbatas karna penggunaan handphone yang terlalu sering dan
memiliki screen time yang tidak sedikit. SDN 1 Karanganyar menjadi salah satu
sekolah yang menerapkan aturan dimana siswa tidak diperbolehkan membawa
handphone karena menghambat proses belajar mengajar dan menjadi fokus baru
bagi mereka ketika berada didalam kelas. Meski begitu, penggunaan metode belajar
yang mengadaptasi teknologi tetap diperlukan demi menunjang efisiensi
pembelajaran. Oleh karena itu, penulis membuat aplikasi bernama Pintar Belajar
Menggunakan AR (PinjAR) untuk memenuhi kebutuhan tersebut. PinjAR
merupakan aplikasi yang menggunakan teknologi Augmented Reality. AR juga
memudahkan pengguna dalam memvisualisasikan objek yang memudahkan siswa
dalam mengetahui objek yang tidak berada di sekitar mereka. Pada proses
pengembangan aplikasi, metode yang digunakan adalah metode pengembangan
Sashimi. Sashimi digunakan untuk memudahkan proses develop dimana
kemudahan yang didapat adalah pengembang dapat kembali ke tahap sebelumnya
ketika ada tambahan selama pembuatan aplikasi. Hasil yang didapat melalui metode
kuesioner setelah menggunakan aplikasi mendapatkan nilai rata-rata 94% dimana
nilai ini masuk kedalam kategori Sangat Baik.
Kata Kunci: Augmented Reality, Pendidikan Sekolah Dasar, Pembelajaran
Interaktif, Pembelajaran Berbasis Teknologi, Sashimi
Tipe Dokumen : |
Tugas Akhir |
Prodi : |
D3 Teknik Informatika |
Mahasiswa : |
Dodik Wahyu Gunawan |
Instansi : |
Politeknik Negeri Indramayu |
Pembimbing : |
Rendi, M.Kom. | - |
Jurusan : |
Teknik Informatika |
Angkatan : |
2021 |
Tanggal Penerbit : |
28 Agustus 2024 11:11 |
Url : |
- |
KEMBALI