Detail Laporan TA : Dodik Wahyu Gunawan

Dodik Wahyu Gunawan (2021) MEDIA CARD BOOK DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR Tugas Akhir, Teknik Informatika
Politeknik Negeri Indramayu.

[img] Text
LAPORAN BAB 1

( Download )
Abstrak

Penggunaan teknologi di masa sekarang seakan tidak lagi memiliki parameter penggunanya. Dampaknya, anak-anak yang seharusnya berada dalam tahap eksplorasi menjadi terbatas karna penggunaan handphone yang terlalu sering dan memiliki screen time yang tidak sedikit. SDN 1 Karanganyar menjadi salah satu sekolah yang menerapkan aturan dimana siswa tidak diperbolehkan membawa handphone karena menghambat proses belajar mengajar dan menjadi fokus baru bagi mereka ketika berada didalam kelas. Meski begitu, penggunaan metode belajar yang mengadaptasi teknologi tetap diperlukan demi menunjang efisiensi pembelajaran. Oleh karena itu, penulis membuat aplikasi bernama Pintar Belajar Menggunakan AR (PinjAR) untuk memenuhi kebutuhan tersebut. PinjAR merupakan aplikasi yang menggunakan teknologi Augmented Reality. AR juga memudahkan pengguna dalam memvisualisasikan objek yang memudahkan siswa dalam mengetahui objek yang tidak berada di sekitar mereka. Pada proses pengembangan aplikasi, metode yang digunakan adalah metode pengembangan Sashimi. Sashimi digunakan untuk memudahkan proses develop dimana kemudahan yang didapat adalah pengembang dapat kembali ke tahap sebelumnya ketika ada tambahan selama pembuatan aplikasi. Hasil yang didapat melalui metode kuesioner setelah menggunakan aplikasi mendapatkan nilai rata-rata 94% dimana nilai ini masuk kedalam kategori Sangat Baik. Kata Kunci: Augmented Reality, Pendidikan Sekolah Dasar, Pembelajaran Interaktif, Pembelajaran Berbasis Teknologi, Sashimi

Tipe Dokumen :  Tugas Akhir
Prodi :  D3 Teknik Informatika
Mahasiswa :  Dodik Wahyu Gunawan
Instansi :  Politeknik Negeri Indramayu
Pembimbing : Rendi, M.Kom. |  - 
Jurusan :  Teknik Informatika
Angkatan :  2021
Tanggal Penerbit :  28 Agustus 2024 11:11
Url :  -
KEMBALI