Detail Laporan TA : Muhammad Agim Mulya

Muhammad Agim Mulya (2021) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI UNTUK MEMBANTU PENGETAHUAN TENTANG TIPE DATA OPERATOR BILANGAN DAN OPERATOR LOGIKA Tugas Akhir, Teknik Informatika
Politeknik Negeri Indramayu.

[img] Text
LAPORAN BAB 1

( Download )
Abstrak

Pengkodean di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Indramayu (SMK) seringkali menjadi tantangan karena metode pembelajaran yang cenderung kurang update, kurangnya minat siswa, dan pemilihan jurusan yang tidak disertai niat yang jelas. Permasalahan utama mencakup kurangnya dorongan yang esensial dalam pengkodean. Untuk mengatasi permasalahan ini, dilakukan pengembangan Game Edukasi menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Game ini dirancang sebagai sebuah pengalaman pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, dan relevan dengan kebutuhan siswa SMKN 2 Indramayu. Dengan tema puzzle, game ini mengharuskan pemain menggunakan kode pemodelan tertentu sesuai dengan referensi kode editor yang tersedia di dalam game. Hasil dari pengembangan ini adalah sebuah game edukasi yang dirancang untuk mendorong minat siswa terhadap pengkodean, memberikan pemahaman dasar tentang bagaimana sebuah sistem bekerja, dan menyediakan keterampilan praktis yang aplikatif dalam dunia nyata. Evaluasi menunjukkan bahwa game ini berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik dan bermanfaat bagi siswa SMKN 2 Indramayu dalam mendorong mereka mengembangkan keterampilan pengkodean.

Tipe Dokumen :  Tugas Akhir
Prodi :  D3 Teknik Informatika
Mahasiswa :  Muhammad Agim Mulya
Instansi :  Politeknik Negeri Indramayu
Pembimbing : Dita Rizki Amalia, S.Pd.,M.Kom. |  - 
Jurusan :  Teknik Informatika
Angkatan :  2021
Tanggal Penerbit :  27 Agustus 2024 13:16
Url :  -
KEMBALI