Detail Laporan TA : JIHAN AKBAR
JIHAN AKBAR
(2020)
Analisis Pengaruh Variasi Putaran Mesin Terhadap Performa Ac Mobil Dengan Menggunakan Tenaga Penggerak Gasoline Engine GX160T2 QD
Tugas Akhir, Teknik Pendingin & Tata Udara
Politeknik Negeri Indramayu.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pemgaruh perbandingan
putaran RPM (Revolusi Per Menit) dan AC mobil terhadap kinerja Gasoline
engine GX160T2 QD. Gasoline engine GX160T2 QD telah lama digunakan
dalam berbagai aplikasi, termasuk sebagai mesin penggerak pada mobil.
Penelitian ini melibatkan uji eksperimental dengan memvariasikan perbandingan
putaran RPM dan beban dari AC mobil yang terhubung pada mesin. Metodologi
yang digunakan meliputi pengukuran parameter kinerja mesin seperti konsumsi
bahan bakar, dan suhu pendingin pada berbagai Variasi perbandingan putaran
1.500rpm dan 2.000rpm. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk
mengidentifikasi hubungan antara perbandingan putaran RPM, beban AC, dan
kinerja Gasoline engine GX160T2 QD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Variasi putaran RPM mempengaruhi kinerja Gasoline engine GX160T2 QD.
Didapatkan hasil bahwa temperatur kabin pada putaran 1.500rpm metode
pengujian tercapai pada menit ke 30. Didapatkan COPcarnot sebesar 8,5,
COPaktual sebesar 6,7, dan efisiensi sebesar 78%. pada putaran 2.000rpm
metode pengujian tercapai pada menit ke 30, Didapatkan COPcarnot sebesar 8,3,
COPaktual sebesar 7,2, dan efisiensi sebesar 86%. Pengujian konsumsi bahan
bakar juga telah dilakukan dengan membandingkan putaran 1.500rpm dan
2.000rpm Pada putaran 1.500rpm mendapatkan hasil sebesar 444,1 ml,
sedangkan saat menggunakan putaran 2.000rpm mendapatkan hasil sebesar
856,1ml. ditambah dengan Beban AC juga memiliki dampak signifikan pada
kinerja mesin, dengan peningkatan beban cenderung menyebabkan penurunan
torsi yang dihasilkan. Konsumsi bahan bakar cenderung meningkat dengan
peningkatan beban AC. Dalam konteks penggunaan Gasoline engine GX160T2
QD pada mobil, perbandingan putaran RPM dan beban AC perlu diperhatikan
agar performa mesin tetap optimal tanpa mengorbankan efisiensi dan konsumsi
bahan bakar. Hasil penelitian ini dapat memberikan panduan bagi perancang
kendaraan dan pengguna Gasoline engine GX160T2 QD dalam mengoptimalkan
kinerja mesin saat digunakan bersamaan dengan AC mobil.
Kata kunci : AC mobil, RPM (Revolusi Per Menit), Gasoline engine GX160T2
QD, konsumsi bahan bakar, Coefficien of Performance (COP), efisiensi (%)
Tipe Dokumen : |
Tugas Akhir |
Prodi : |
D3 Teknik Pendingin dan Tata Udara |
Mahasiswa : |
JIHAN AKBAR |
Instansi : |
Politeknik Negeri Indramayu |
Pembimbing : |
AA Setiawan, ST.,MT | - |
Jurusan : |
Teknik Pendingin & Tata Udara |
Angkatan : |
2020 |
Tanggal Penerbit : |
27 September 2023 14:05 |
Url : |
- |
KEMBALI