Detail Laporan TA : JIHAN AKBAR

JIHAN AKBAR (2020) Analisis Pengaruh Variasi Putaran Mesin Terhadap Performa Ac Mobil Dengan Menggunakan Tenaga Penggerak Gasoline Engine GX160T2 QD Tugas Akhir, Teknik Pendingin & Tata Udara
Politeknik Negeri Indramayu.

[img] Text
LAPORAN BAB 1

( Download )
Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pemgaruh perbandingan putaran RPM (Revolusi Per Menit) dan AC mobil terhadap kinerja Gasoline engine GX160T2 QD. Gasoline engine GX160T2 QD telah lama digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk sebagai mesin penggerak pada mobil. Penelitian ini melibatkan uji eksperimental dengan memvariasikan perbandingan putaran RPM dan beban dari AC mobil yang terhubung pada mesin. Metodologi yang digunakan meliputi pengukuran parameter kinerja mesin seperti konsumsi bahan bakar, dan suhu pendingin pada berbagai Variasi perbandingan putaran 1.500rpm dan 2.000rpm. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi hubungan antara perbandingan putaran RPM, beban AC, dan kinerja Gasoline engine GX160T2 QD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Variasi putaran RPM mempengaruhi kinerja Gasoline engine GX160T2 QD. Didapatkan hasil bahwa temperatur kabin pada putaran 1.500rpm metode pengujian tercapai pada menit ke 30. Didapatkan COPcarnot sebesar 8,5, COPaktual sebesar 6,7, dan efisiensi sebesar 78%. pada putaran 2.000rpm metode pengujian tercapai pada menit ke 30, Didapatkan COPcarnot sebesar 8,3, COPaktual sebesar 7,2, dan efisiensi sebesar 86%. Pengujian konsumsi bahan bakar juga telah dilakukan dengan membandingkan putaran 1.500rpm dan 2.000rpm Pada putaran 1.500rpm mendapatkan hasil sebesar 444,1 ml, sedangkan saat menggunakan putaran 2.000rpm mendapatkan hasil sebesar 856,1ml. ditambah dengan Beban AC juga memiliki dampak signifikan pada kinerja mesin, dengan peningkatan beban cenderung menyebabkan penurunan torsi yang dihasilkan. Konsumsi bahan bakar cenderung meningkat dengan peningkatan beban AC. Dalam konteks penggunaan Gasoline engine GX160T2 QD pada mobil, perbandingan putaran RPM dan beban AC perlu diperhatikan agar performa mesin tetap optimal tanpa mengorbankan efisiensi dan konsumsi bahan bakar. Hasil penelitian ini dapat memberikan panduan bagi perancang kendaraan dan pengguna Gasoline engine GX160T2 QD dalam mengoptimalkan kinerja mesin saat digunakan bersamaan dengan AC mobil. Kata kunci : AC mobil, RPM (Revolusi Per Menit), Gasoline engine GX160T2 QD, konsumsi bahan bakar, Coefficien of Performance (COP), efisiensi (%)

Tipe Dokumen :  Tugas Akhir
Prodi :  D3 Teknik Pendingin dan Tata Udara
Mahasiswa :  JIHAN AKBAR
Instansi :  Politeknik Negeri Indramayu
Pembimbing : AA Setiawan, ST.,MT |  - 
Jurusan :  Teknik Pendingin & Tata Udara
Angkatan :  2020
Tanggal Penerbit :  27 September 2023 14:05
Url :  -
KEMBALI