Detail Laporan TA : NANDANG EKA PRASETYA

NANDANG EKA PRASETYA (2020) Gamifikasi Pada Aplikasi Penjualan Produk Di Onigiri Bento Untuk Meningkatkan Ketertarikan Pembeli Tugas Akhir, Teknik Informatika
Politeknik Negeri Indramayu.

[img] Text
LAPORAN BAB 1

( Download )
Abstrak

Usaha kuliner Onigiri Bento merupakan bisnis yang berfokus pada penjualan makanan khas Jepang, yaitu onigiri. Dengan lokasi strategis di Indramayu, Onigiri Bento memiliki potensi untuk berkembang di pasar kuliner yang semakin pesat. Namun, bisnis ini juga menghadapi tantangan, yaitu persaingan dengan bisnis sejenis dan kesulitan mempertahankan pelanggan setia. Oleh karena itu, tugas akhir ini bertujuan untuk mengembangkan solusi dengan menerapkan konsep gamifikasi dalam sebuah aplikasi penjualan Onigiri Bento. Konsep gamifikasi adalah teknik yang dapat meningkatkan keterlibatan pengguna melalui pengalaman interaktif yang menyenangkan dan memberikan insentif bagi pengguna yang aktif. Penelitian sebelumnya telah membuktikan bahwa penerapan gamifikasi dalam aplikasi penjualan dapat meningkatkan engagement, loyalitas, dan awareness pelanggan. Oleh karena itu, aplikasi penjualan Onigiri Bento yang dirancang dilengkapi dengan sistem gamifikasi untuk memberikan pengalaman berbelanja yang interaktif, menarik, dan memberikan insentif kepada pelanggan yang aktif. Selain memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik bagi pelanggan, aplikasi ini juga memberikan manfaat bagi pelaku usaha. Fitur pengelolaan data produk, bahan stok, transaksi, dan pencetakan struk, mempermudah proses operasional Onigiri Bento. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam mengelola bisnis. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penerapan konsep gamifikasi dalam aplikasi penjualan Onigiri Bento adalah langkah yang tepat untuk mengatasi tantangan persaingan dan mempertahankan pelanggan setia. Aplikasi ini tidak hanya memberikan pengalaman berbelanja yang interaktif dan menarik, tetapi juga membantu dalam pengelolaan bisnis secara lebih efisien. Kata Kunci : Aplikasi penjualan, customer engagement, gamifikasi, onigiri bento, pengelolaan bisnis

Tipe Dokumen :  Tugas Akhir
Prodi :  D3 Teknik Informatika
Mahasiswa :  NANDANG EKA PRASETYA
Instansi :  Politeknik Negeri Indramayu
Pembimbing : Fachrul Pralienka Bani Muhamad, S.ST., M.Kom |  Rendi, M.Kom. 
Jurusan :  Teknik Informatika
Angkatan :  2020
Tanggal Penerbit :  28 Agustus 2023 16:47
Url :  -
KEMBALI