Detail Laporan TA : RAFLI BAGUS PRASETYO
RAFLI BAGUS PRASETYO
(2018)
GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENINGGALAN MUSEUM PUSAKA KERATON KASEPUHAN KOTA CIREBON
Skripsi, Teknik Informatika
Politeknik Negeri Indramayu.
Abstrak
Museum Pusaka yang terletak di Keraton Kasepuhan ini ramai dikunjungi
oleh berbagai kalangan karena dapat menambah wawasan mengenai benda-benda
yang digunakan pada zaman Kesultanan Cirebon, namun pengunjung ingin
adanya peningkatan kualitas pelayanan. Selain itu, penambahan dan perbaikan
fasilitas juga diperlukan agar para pengunjung semakin nyaman. Penelitian ini
dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kepuasan
pengunjung Museum Pusaka Keraton Kasepuhan sehingga pengunjung Museum
Pusaka tidak hanya melihat-lihat koleksi benda peninggalan yang ada, tapi juga
mendapatkan informasi mendetail dari tiap benda-benda peninggalan yang ada.
Tujuan dari penelitian ini pengembangan game edukasi yang menarik dan
menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu
Research and Development (R&D). Tujuan menggunakan metode ini untuk
menciptakan suatu produk agar produk yang diciptakan efektif dan optimal. Ada
beberapa tahapan yang dilakukan pada penelitian ini seperti: (1) analisis, (2)
desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Berdasarkan hasil
pengujian black box game edukasi keraton kasepuhan, Uji kuesioner ini
merupakan suatu alat ukur untuk menentukan layak atau tidaknya Game Edukasi
Keraton Kasepuhan bila digunakan untuk pengunjung Keraton Kasepuhan. Cara
yang dilakukan untuk uji kuesioner ini yaitu memberikan 10 pernyataan yang
disebar ke 25 masyarakat umum. Setelah dilakukan uji coba Game Edukasi
Keraton Kasepuhan mendapatkan nilai rata-rata 4,2 dengan kategori sangat layak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Game Edukasi Keraton Kasepuhan
ini sangat layak digunakan untuk memudahkan pengunjung dalam meningkatkan
pemahaman materi tentang tempat peninggalan dan benda pusaka yang diberada
dikawasan Keraton Kasepuhan.
Kata kunci : Game, Game Edukasi , Research and Development, Keraton
Kasepuhan
Tipe Dokumen : |
Skripsi |
Prodi : |
D4 Rekayasa Perangkat Lunak |
Mahasiswa : |
RAFLI BAGUS PRASETYO |
Instansi : |
Politeknik Negeri Indramayu |
Pembimbing : |
Muhamad Mustamiin, S.Pd.,M.Kom | Muh. Anis Al Hilmi, S.Si., M.T |
Jurusan : |
Teknik Informatika |
Angkatan : |
2018 |
Tanggal Penerbit : |
26 September 2022 14:22 |
Url : |
- |
KEMBALI