Detail Laporan TA : RAFLI BAGUS PRASETYO

RAFLI BAGUS PRASETYO (2018) GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PENINGGALAN MUSEUM PUSAKA KERATON KASEPUHAN KOTA CIREBON Skripsi, Teknik Informatika
Politeknik Negeri Indramayu.

[img] Text
LAPORAN BAB 1

( Download )
Abstrak

Museum Pusaka yang terletak di Keraton Kasepuhan ini ramai dikunjungi oleh berbagai kalangan karena dapat menambah wawasan mengenai benda-benda yang digunakan pada zaman Kesultanan Cirebon, namun pengunjung ingin adanya peningkatan kualitas pelayanan. Selain itu, penambahan dan perbaikan fasilitas juga diperlukan agar para pengunjung semakin nyaman. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kepuasan pengunjung Museum Pusaka Keraton Kasepuhan sehingga pengunjung Museum Pusaka tidak hanya melihat-lihat koleksi benda peninggalan yang ada, tapi juga mendapatkan informasi mendetail dari tiap benda-benda peninggalan yang ada. Tujuan dari penelitian ini pengembangan game edukasi yang menarik dan menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu Research and Development (R&D). Tujuan menggunakan metode ini untuk menciptakan suatu produk agar produk yang diciptakan efektif dan optimal. Ada beberapa tahapan yang dilakukan pada penelitian ini seperti: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Berdasarkan hasil pengujian black box game edukasi keraton kasepuhan, Uji kuesioner ini merupakan suatu alat ukur untuk menentukan layak atau tidaknya Game Edukasi Keraton Kasepuhan bila digunakan untuk pengunjung Keraton Kasepuhan. Cara yang dilakukan untuk uji kuesioner ini yaitu memberikan 10 pernyataan yang disebar ke 25 masyarakat umum. Setelah dilakukan uji coba Game Edukasi Keraton Kasepuhan mendapatkan nilai rata-rata 4,2 dengan kategori sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Game Edukasi Keraton Kasepuhan ini sangat layak digunakan untuk memudahkan pengunjung dalam meningkatkan pemahaman materi tentang tempat peninggalan dan benda pusaka yang diberada dikawasan Keraton Kasepuhan. Kata kunci : Game, Game Edukasi , Research and Development, Keraton Kasepuhan

Tipe Dokumen :  Skripsi
Prodi :  D4 Rekayasa Perangkat Lunak
Mahasiswa :  RAFLI BAGUS PRASETYO
Instansi :  Politeknik Negeri Indramayu
Pembimbing : Muhamad Mustamiin, S.Pd.,M.Kom |  Muh. Anis Al Hilmi, S.Si., M.T 
Jurusan :  Teknik Informatika
Angkatan :  2018
Tanggal Penerbit :  26 September 2022 14:22
Url :  -
KEMBALI